Minggu, 28 Juni 2009

Mengenang Michael "Jacko" Jackson The King Of Pop


Siapa yang tidak kenal Michael Jackson? Hampir semua orang paling tidak pernah mendengar namanya. Tapi sebenarnya siapa sih Michael Jackson yang akrab dipanggil Jacko ini? Apa sih kontribusinya sampe segitu terkenalnya?

Michael Jackson bukan hanya seorang musisi, tapi dia juga adalah seorang trend setter. Musiknya menyentuh banyak orang. Tariannya menjadi legenda tersendiri. Gaya bernyanyi dan menarinya kemudian mengilhami banyak penyanyi-penyanyi pop kemudian.

Tahun-tahun awal
Michael Jackson lahir dari keluarga kulit hitam kelas bawah (alias miskin). Ayahnya Joseph Jackson adalah seorang musisi gagal. Kegagalannya dan kehidupan yang keras membuat sang ayah, Joseph, memperlakukan anaknya dengan keras. Sang ayah tidak segan-segan memukul anak-anaknya bila melakukan kesalahan.

Keluarga Jackson sendiri memiliki 9 orang anak yaitu Rebbie, Jackie, Tito, Jermaine, La Toya, Marlon, Michael, Randy dan Janet. Michael adalah anak ke tujuh. Bakat musik sang ayah rupanya mengalir pada anak-anak Joseph. Hingga suatu hari Joseph menyadarinya. Joseph seperti hendak menebus "kegagalannya" dengan mendorong anak-anaknya untuk merintis karir sebagai musisi. Dan terbentuklah The Jackson 5 yaitu: Jackie (vocals), Tito (lead guitar, vocals), Jermaine (bass guitar, vocals), Marlon Jackson (vocals), dan Michael(lead vocals).

Singkat kata mereka berhasil mencuri perhatian Berry Gordy sang empunya Motown. Dan jadilah mereka salah satu grup paling sukses yang diorbitkan oleh Motown. Kesuksesan "The Jackson 5" semakin tinggi. Mereka jadi gambaran "the american dream", dimana keluarga dari kelas bawah bisa mencapai kesuksesan, hal manya yang memang dialami oleh keluarga Jackson. Dari keluarga yang sangat miskin menjadi keluarga kaya yang hidup mewah.

Michael kecil dari awal sudah mencuri perhatian publik. Dia sudah menunjukkan bakat yang menonjol dibanding kakak-kakaknya. Jadilah dia pusat perhatian dari "The Jackson 5". Bahkan di tahun 1972, Berry Gordy membuatkan album solo pertama Michael Jackson yaitu "Got to Be There". Lagu-lagu solo Michael Jackson semakin banyak digemari publik seperti "Ben" (album Ben - 1972), "One Day in Your Life" (album Forever, Michael - 1975).
kepopuleran Michael menyaingi kepopuleran lagu-lagu "The Jackson 5" sendiri.

Sayang kesuksean keluarga jackson tidak diiringi oleh keharmonisan keluarga mereka. Ya kisah klise dan sinetron banget, setelah sukses malah keluarga jadi berantakan. Pada tahun 1975 "The Jackson 5" keluar dari Motown dan pindah ke CBS. Jermaine tidak ikutan pindah karena sebagai mantu Berry Gordy dia tetap setia di Motown. Hal ini semakin membuat Michael frustasi, bukan hanya keluarganya yg berantakan bahkan grupnya pun rontok. Jermaine kemudian diganti oleh Randy Jackson (percussion, keyboard, vocals).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner